Ahad, 17 Mac 2013

Menjaga Kesihatan Gigi


"Anda pernah buat pemeriksaan gigi sebelum ini?"

"Pernah, tapi itu sudah agak lama, setelah 8 tahun tidak pernah lagi."

"Cuba lihat gigi anda ini, secara normal, ia berbentuk huruf U, tetapi disebabkan gigi bongsu anda, ia tumbuh dalam keadaan yang tidak normal. Jika ia mengiring, ia masih lagi boleh diperbaiki, namun ia dalam keadaan 'tidur' (baring). Maka sebelum terjadi apa-apa, anda harus cabut kedua-duanya, baik di kiri dan di kanan."

"Jika tidak cabut?"

"Umur anda berapa sekarang?"

"24 tahun.."

Kira-kira dalam satu tahun dan sebulan lagi, gigi anda akan jadi seperti 'ini' atau menjadi seperti 'ini'.

"Huh!"

"Maka anda harus mencabutnya, demi survival gigi-gigi anda yang lain."

"Cuba lihat foto lama dan baru anda sekarang"

"....."

"Ok, Cuba lihat perbezaan ketara antara bentuk muka anda dulu dan sekarang. Ada bezakan? Ia bukan disebabkan masalah kegemukan tetapi masalah gigi anda."

"Jadi?"

"Ada perlu melakukan operation untuk mencabut gigi di belakang sana."

"Tidak boleh cabut seperti biasa?"

"Tak boleh, kerana ia gigi geraham jenis M3, gigi yang paling lambat tumbuh. Untuk mencabutnya, anda harus pergi ke specialist untuk mencabutnya dan setelah itu anda harus memakai kawat gigi untuk memastikan gigi anda kembali kepada normal."

"Untuk sementara waktu, mulut anda akan terasa kebas, jadi anda akan mengalami kesukaran untuk berbicara dan menggigit makanan. Jika anda masih lagi bertangguh, lagi, anda akan melihat hasilnya setelah satu tahun sebulan lagi"

Saya berfikir jika saya tidak melakukan pembedahan segera, sahabat-sahabat saya tidak akan lagi melihat senyuman manis saya.

Moga dengan saya mencabutnya, tugas dakwah saya makin melaju dan semoga Allah redha!

-----------------

Apa itu gigi M3

Yang terakhir tumbuh adalah yang sering disebut sebagai gigi M3 (Molar 3) atau ‘wisdom tooth’ (berjumlah 4 buah, di atas kanan belakang, atas kiri belakang, bawah kanan belakang, bawah kiri belakang). Gigi molar/geraham ini berguna untuk melumat makanan sebelum ditelan. Disebut Molar 3 karena ia tumbuh paling akhir dibanding 2 gigi molar di depannya.

Gigi ini biasanya bermasalah karena kurangnya tempat untuk tumbuh (karena ia tumbuh paling akhir), sehingga tumbuhnya tidak sempurna, bisa terdapat kelainan letaknya, kemiringannya, ataupun keutuhan tumbuhnya. Sehingga apabila mengganggu, harus dicabut.

Masalah Umum

Pada saat ia berusaha menembus gusi untuk tumbuh ke rongga mulut, sering menimbulkan rasa sakit, karena gusi penutupnya tergigit .Bisa juga meradang karena sisa makanan yang terselip di antara gigi bungsu dengan gigi depannya tidak bisa dibersihkan dan membusuk. Rasa sakit ini bisa berulang-ulang terjadi selama beberapa waktu.

Masalah ini biasanya diatasi secara simptomatik (Cuma menyembuhkan gejala) dengan pemberian obat penghilang rasa sakit, anti peradangan, dan kadang-kadang antibiotika.

Selain itu, letaknya yang tidak normal ini menyebabkan adanya celah antara dua gigi tadi, sehingga memudahkan sisa makanan nyangkut. Dalam hal seperti ini, bisa terjadi bukan hanya gigi bungsu itu sendiri saja yang jadi rusak, tetapi gigi yang berada di depannya juga jadi berlubang. 

Gigi ini bisa juga tumbuh ke arah samping luar (arah pipi) atau samping dalam (arah lidah) sehingga mengganggu kegiatan atau gerakan rahang waktu mengunyah atau berbicara.

Gigi ini bisa juga sama sekali tidak bisa keluar dari tempatnya di dalam tulang. Dalam kasus seperti ini, gigi terbenam ini memang kadang-kadang bisa menimbulkan keluhan seperti sakit kepala berkepanjangan yang tak jelas sebabnya dll.

Kalau ada gusi yang masih menutupi gigi bungsu ini (namanya operkulum) biasanya dilakukan pembedahan kecil, berupa pemotongan jaringan tsb. yang disebut operkulektomi.

Mengenai dicabut atau tidak

Dokter gigi bisa dibagi dalam 2 kelompok besar dalam hal ini. Pertama yang menganggap kalau gigi ini tidak ada keluhan apa-apa, biarkan saja. Kalau sudah mulai menyebabkan keluhan baru dibedah.

Kedua, dokter yang menganggap gigi sebaiknya segera diangkat saja, karena cepat atau lambat gigi ini pasti menimbulkan keluhan atau masalah.

Tiada ulasan: